Home » Macam-Macam Rangka Baja Ringan Bentangan

Macam-Macam Rangka Baja Ringan Bentangan

  • by
rangka baja ringan bentangan 12 meter

Konstruksi bentangan pada bangunan sampai saat ini masih menggunakan kayu sebagai bahan utama yang difavoritkan. Memang kayu mempunyai kelebihan penghantar daya listrik rendah, dengan begitu material nya aman untuk digunakan. Walaupun demikian, kayu sangat mudah lapuk sebab gampang menyerap air dan tempat kesukaan rayap. Kalau dahulu sih patut diakui kalau kayu adalah material satu-satunya yang dapat digunakan. Tapi sekarang sudah berbeda, ada baja ringan yang dapat kita jadikan material bentangan.

Sama halnya dengan kayu, baja ringan juga dapat dibuat berbagai macam model bentangan bangunan. Hingga sekarang ini perkembangan penggunaan rangka baja ringan di Indonesia mempunyai kenaikan yang begitu besar. Dengan begitu baja ringan sudah menjadi pilihan utama terlebih untuk bangunan-bangunan usaha seperti gudang. Dan oleh karena itu, untuk mengetahui apa saja macam-macam baja ringan bentangan digunakan. Coba kita langsung cek rangkanya dibawah ini.

Macam-Macam Rangka Baja Ringan Bentangan

Rangka Atap Penopang Raja

Telah berevolusi dan menghadirkan kombinasi material antara baja ringan dan kayu. Rangka model ini dahulu merupakan rancangan yang menggunakan kayu seluruhnya. Namun itu waktu kemarin, sekarang sudah ada perubahan dengan menghadirkan perpaduan material yang dapat digunakan. Walaupun begitu, penggunaan bahan ini bergantung kembali kepada arsitek dan rancangan bangunan yang dibuat. Untuk kebanyakan, rangka ini merupakan bentuk susunan bentangan baja ringan bekisar 8 meter. Dengan ukuran tersebut dapat membuat struktur rumah lebih sempurna, terlebih yang berskala kecil.

Rangka Baja Ringan Atap Tipe King Post Truss

Rangka Atap Pratt

Ragu dengan model pertama, ada rangka selanjutnya malah lebih ekonomis dan menjadi model yang banyak digunakan. Namanya adalah Rangka Pratt, modelnya memberikan berbagai fitur berguna untuk struktur bangunan, terutama pada bagian rancangan yang berdiri secara vertikal dan horizontal. Pada kedua bagian ini akan memberikan tekanan dan kompresi pada struktur bangunan. Untuk ukuran yang dapat digunakan, rekomendasi yang saya dapatkan, kita bisa menggunakan model dari rangka ini berkisar 6-20 meter. Mulai dari baja ringan bentangan 6 meter.

See also  Daftar Harga Atap Genteng Aluminium Berpasir di Kedungwaringin
Rangka Atap Baja Ringan Tipe Pratt Truss

Rangka Atap Penopang Ratu

Bak drama, ada raja ada ratu. Model bentang pada kali ini merupakan jenis rangka atap penopang ratu. Berbeda dari sang raja, rangka atap penopang ratu atau queen post truss kali ini lebih istimewa sebab sangat bisa diandalkan. Bahkan tidak cuma itu, keunggulan dari rangka ini juga menjadi model sederhana dan serbaguna untuk digunakan kapan saja. Dari ukuran yang dapat digunakan, kita bisa membuat struktur dengan standar sekitar baja ringan bentangan 10 meter. Dengan ukuran tersebut akan memberikan rentang struktur yang bagus dan sempurna. Sekali pun rancangan yang digunakan sebagai bentang bangunan berbentuk sederhana.

Rangka Atap Baja Ringan Tipe Ratu

Rangka Atap Kombinasi atau Howe Truss

Sama seperti rangka yang pertama, kombinasi model pada kali ini juga melibatkan kayu dan baja ringan sebagai materialnya. Penempatan pada kombinasi ini dibuat secara struktur dengan menempatkan material kayu berada di seluruh bagian dan baja sebagai komponen untuk menghantarkan daya. Dari segi desain, rangka ini memberikan kesan menarik dengan rentang luas sekitar 6-30 meter. Dengan begitu, tidak mengherankan kalau rangka jenis ini menjadi rancangan serbaguna dan banyak difavoritkan sebagai rangka proyek bangunan.

Rangka Atap Baja Ringan Tipe Howe Truss

Rangka Atap Quadrangular

Nah, untuk sekarang merupakan rangka yang cocok digunakan untuk bangunan yang memerlukan bentang besar. Tidak salah lagi kalau rangka quadrangular hanya dapat ditemui di tempat tertentu seperti auditorium serta gudang kereta api. Sebab tidak semua bangunan cocok menggunakan rangka ini, alasannya sudah pasti karena struktur rancangan dan ukuran rangka hanya dibutuhkan oleh bangunan tertentu.

Rangka Atap Baja Ringan Tipe Quadrangular

Rangka Atap Gunting

Tak jauh berbeda, pada rangka kali ini juga menjadi rangka yang ada di bangunan tertentu. Disini rangka atap gunting bisa anda temukan di tempat seperti Katedral. Susunan dari rangka ini tidak banyak bahan dimana tidak memerlukan balok atau bantalan dinding. Akan tetapi konsep dari rangka ini kurang begitu baik, sebab meninggalkan banyak ruang untuk isolasi yang berakibat buruk pada efisiensi energi di dalamnya. Namun walau begitu, karena bentuk bangunan merupakan kontruksi khusus jadi rancangannya disesuaikan dengan memberikan langit-langit berkubah dan menjadikan ruangan yang lebih luas untuk lonteng.

See also  Daftar Harga Atap Rumah Genteng Metal Berpasir di Kota Bogor Barat
Rangka Baja Ringan Atap Tipe Gunting

Rangka Atap Kipas

Dari sekian rangka atap diatas mungkin masih banyak yang awam kita ketahui, tak terkecuali dengan rangka pada kali ini. Mungkin anda hanya awam pada namanya, tapi kalau sudah melihat bentuk rangkanya pasti sudah tau paling tidak pernah melihatnya. Ya, tidak salah kalau alasannya karena rangka atap kipas banyak digunakan di sebagian proyek. Hal yang menjadikan atap kipas atau fun truss banyak digunakan sebab hadir dengan desain sederhana dan terbuat dari baja. Dan pada rangka ini memiliki ciri dimana akord pada bagian atas dibagi menjadi ukuran yang lebih pendek. Alasannya untuk mendapatkan dukungan purlin pada bangunannya.

Rangka Atap Baja Ringan Tipe Fan Truss

Rangka Atap Cahaya Utara

Mencari rangka yang dapat memenuhi ukuran bentang besar dengan ukuran lebih dari 20 meter dan maksimal 30 meter, maka rangka atap kali ini dapat anda jadikan pilihan. Pada rangka ini memiliki biaya lebih murah sebab tiang penopang yang mempunyai balik kisi lebar lebih besar dan mencangkup rangka penopang. Sebetulnya penerapan pada rangkai ini adalah salah satu metode tertua, dan lebih ekonomis untuk anda gunakan. Dan mengenai keunggulan, rangka atap cahaya timur mampu menghasilkan bentuk ventilasi yang baik. Jadi sirkulasi udara dapat terjalin secara bagus. Bahkan rangka atap satu ini lebih tahan untuk digunakan.

See also  Daftar Harga Atap Rumah Genting Aluminium Berpasir di Caringan
Rangka Atap Baja Ringan Tipe North Light Truss

Oleh karena itu, saat anda mencari model rangka atap bentang untuk bangunan yang mempunyai ketahanan lebih lama, maka model kali ini cocok untuk anda gunakan. Apalagi untuk perusahaan industri, kelebihan dari rangka atap cahaya utara sangat bagus untuk digunakan selain mempunyai ketahanan juga serbaguna untuk digunakan. Dan selain itu, anda juga dapat menggunakannya sebagai ruang tamu atau berbagai ruang lain yang memiliki ukuran besar.

Rangka Atap Tembak

Untuk sekian rangka yang pada kali ini kita bahas diantaranya paling efisien digunakan serta berbahan dasar kayu adalah rangka model tembak. Keunggulan yang ada di rangka ini mampu memberikan ruang isolasi yang begitu baik. Tak hanya itu, struktur yang dihasilkan dari menggunakan rangka atap tembak bisa memperlihatkan sistematis yang baik. Tapi sebelumnya perlu diketahui bahwa, pada rangka ini dapat terlihat sangat bagus apabila diberikan sedikit tambahan material. Dengan begitu, ini perlu adanya biaya lebih besar baik dari penambahan atau rangka utama. Meski begitu ketergantungan pada rangka ini akan kembali ke pada arsitek dan struktur rancangan.

Atap Parallel Chord

Nah selain berbagai pilihan diatas, ini juga dapat menjadi andalan untuk rangka dengan anggaran tidak besar. Meski umumnya menggunakan kayu sebagai materialnya, pada strukturnya tidak memerlukan balok atau dinding bantalan. Dan tentunya anggaran yang diperlukan tidak perlu banyak, apalagi tenaga kerja yang dibutuhkan untuk membuat bangunan dan disesuaikan.

Rangka Atap Baja Ringan Tipe Paralel

Dengan pembahasan kali ini cukup sudah informasi yang perlu saya sampaikan, semoga pada kesempatan ini ada jawaban atas pertanyaan yang kalian cari. Anda tinggal menentukan anggaran dan model rangka yang diperlukan, maka bisa mendapatkan model yang diinginkan. Semoga artikel tentang rangka baja ringan bentangan ini dapat menambah informasi Anda.

Sumber: alphasteel.ph

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *