Memaksimalkan Ruang Tamu di Rumah Minimalis

  • by
sofa panjang di ruang tamu

Bagi anda yang memiliki bangunan rumah minimalis dan tidak terlalu luas, ruang tamu seringkali menjadi hal yang terabaikan oleh kebutuhan ruangan khusus lainnya. Fungsi ruang tamu umumnya hanya sebuah ruangan untuk menerima tamu saja, dan terpisah dari ruang privat keluarga. Beberapa kontraktor rumah sederhana juga sering membangun rumah dengan ruang tamu yang tidak maksimal dan tidak nyaman. Tidak ada salahnya anda mengatur sendiri ruang tamu anda agar lebih nyaman dan multifungsi. Dengan demikian anda bisa memaksimalkan lahan sempit anda agar lebih lapang.

Berikut ini tips membuat ruang tamu yang multifungsi di rumah minimalis:

Perabotan Wajib

Meja dan kursi adalah hal yang wajib ada di ruang tamu. Bila ruang tamu anda berada di dalam bangunan rumah, tidak ada salahnya anda memilih furniture yang nyaman untuk ruangan tersebut.

sofa panjang di ruang tamu
sofa panjang di ruang tamu
Hasil gambar untuk tombol beli

Sofa panjang dan empuk bisa anda pilih untuk meningkatkan kenyamanan tamu dan keluarga anda. Meja panjang juga wajib ada, tidak hanya sebagai tempat meletakan minuman saja. Meja tersebut juga berguna untuk meletakan oleh-oleh dan bawaan tamu anda.

Tambahkan Televisi

Dalam menerima tamu, tentu anda tidak hanya akan membicarakan hal-hal yang serius saja dengan tamu anda. Tidak ada salahnya anda memasang televisi di ruang tamu agar menjadi bahan perbincangan bagi anda dan tamu anda.

READ  Ide Desain Ruang Keluarga yang Harmonis
tambahkan televisi
tambahkan televisi – Beli di sini Sekarang >> BELI

Selain itu, bila anda senang acara olahraga, anda juga bisa melakukan nonton bareng di rumah anda. Televisi layar datar adalah pilihan terbaik karena bisa anda pasang di tembok rumah anda.

Jadikan Ruang Multifungsi

Ruang tamu tentu akan jarang digunakan. Tidak ada salahnya bila anda memanfaatkannya untuk kebutuhan lain yang lebih sering dipakai. Anda bisa menggabungkan fungsi ruang tamu dengan ruang santai keluarga. Televisi dan beberapa peralatan multimedia bisa anda letakan di satu sudut ruangan. Memilih furniture yang nyaman juga penting karena akan sering anda manfaatkan bersama keluarga. Anda juga bisa menambahkan lemari pendingin kecil yang juga bisa berfungsi sebagai meja untuk menaruh minuman.

ruang serbaguna
ruang serbaguna – beli di sini >> BELI

Alternatif lain adalah dengan memanfaatkan ruang tamu sebagai ruang kerja anda. Berikan satu meja kerja di sudut ruangan untuk meletakan PC atau laptop anda. Jika membutuhkan privasi pada pekerjaan anda, tidak ada salahnya anda memberikan sedikit sekat berupa tirai atau partisi bambu yang bisa dilipat dan mudah dipindahkan. Partisi ini juga bisa dimanfaatkan untuk memisahkan ruang utama dengan ruang tamu, tanpa perlu membangun tembok. Dengan demikian ruangan anda akan terasa lebih luas.

Pencahayaan & Sirkulasi Udara

Untuk memaksimalkan fungsi ruang tamu, maka diperlukan pencahayaan yang cukup. Anda bisa memanfaatkan jendela yang cukup lebar atau pintu utama yang agak besar. Hal ini tentu akan membuat nyaman anda dan tamu anda. Di malam hari, lampu berwarna putih terang menjadi keharusan, terlebih bila anda juga memanfaatkan untuk ruang keluarga.

READ  Inspirasi Desain Ruang Tamu Apartemen Minimalis
Dekorasi Tata Cahaya dan Sirkulasi Udara Ruang Tamu
Dekorasi Tata Cahaya dan Sirkulasi Udara Ruang Tamu

Perhatikan pula tentang sirkulasi udara. Pastikan ada sirkulasi yang menjamin ruangan tetap sejuk. Kipas angin bisa menjadi solusi, karena anda tidak mungkin menambahkan AC. Umumnya anda akan membuka pintu rumah pada saat ada tamu, sehingga keberadaan AC justru tidak maksimal.

Ruang Tamu atau Living Room dengan AC yang Segar
Ruang Tamu atau Living Room dengan AC yang Segar

Jika menginginkan ruangan yang nyaman dengan pencahayaan yang baik dan sirkulasi udara yang bagus, tidak ada salahnya anda membuat ruangan yang agak tinggi dengan atap transparan atau semi transparan. Ruangan yang tinggi akan melancarkan pertukaran udara, sementara atap yang transparan atau semi transparan akan memberikan cahaya lebih kedalam rumah anda.

Penataan Barang

Karena ruang tamu adalah bagian rumah yang paling bebas, maka tidak disarankan untuk menaruh banyak barang di dalamnya. Hindari menambahkan lemari pada ruang tamu, meskipun hanya untuk hiasan atau lemari televisi. Hal ini akan memakan terlalu banyak ruang dan membuat ruang tamu terasa sempit dan mengurangi fungsi ruang tamu di rumah minimalis. Jikapun ingin memasang aksesoris atau dekorasi, pilihlah hiasan gantung seperti foto, poster, maupun tanaman gantung yang dapat dipajang di tembok bagian atas.

READ  Desain Minimalis Rumah Hook
Posisi yang Bagus dalam Ruang Living Room atau Tamu
Posisi yang Bagus dalam Ruang Living Room atau Tamu

Sofa atau kursi tidak harus berada di tengah ruangan, memposisikan di pojok tembok juga akan memberi ruangan lebih. Usahakan meja tamu bersih dari berbagai barang dan aksesoris seperti taplak dan vas bunga yang justru mengurangi multifungsi dari meja tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *