Home » Partisi Ruangan Dari Barang Bekas

Partisi Ruangan Dari Barang Bekas

  • by
Partisi dari Botol Bekas
Partisi dari Botol Bekas
Partisi dari Botol Bekas

Partisi Ruangan Dari Barang Bekas ~ Ruangan yang agak terbuka bisa dibagi menjadi dua bagian dengan memakai partisi. Partisi ruangan sangat berguna bagi rumah yang mau membagi dua fungsi ruangan yang berbeda. Partisi juga menjadi solusi agar ruangan tidak terpakai banyak space namun tetap fungsional secara optimal. Beberapa partisi didesain unik yang menyatu dengan bagian desain ruangan itu sendiri.

Salah satunya yaitu desain partisi dari barang bekas. Barang bekas yang ada di rumah bisa dipakai guna membagi ruangan seperti fungsi partisi itu sendiri. Barang bekas seperti pintu bekas, kayu-kayu parket, dan lainnya mungkin bisa berguna sebagai partisi dengan desain unik tersendiri. Beberapa ide contoh partisi dari barang bekas bisa dilihat pada artikel berikut ini.

partisi ruangan dari barang bekas kayu parket

partisi ruangan dari barang bekas kayu parket

partisi ruangan dari barang bekas kayu

partisi ruangan dari barang bekas kayu

partisi ruangan dari pintu bekas

partisi ruangan dari pintu bekas

Partisi Ruangan dari Barang Bekas

Barang bekas pun masih bisa dimanfaatkan, bahkan bisa memiliki keunikan dan nilai estetika khusus yang istimewa tersendiri. Salah satu hal yang bisa dilakukan ialah dengan membuat partisi ruangan dari barang bekas seperti berikut ini.

Partisi Ruangan dari Botol Bekas

Partisi ruangan memiliki fungsi sebagai pemisah antara suatu ruangan dengan ruangan yang lainnya, bisa sesama ruang indoor maupun untuk memisahkan antara ruangan indoor dengan ruangan outdoor nya. Pilihannya bisa berupa sekat solid tertutup 100% atau yang semi transparan sehingga masih nampak sedikit terawang dan menampilkan bayangan di ruang sebelahnya, yang tingkat transparasinya pun bisa bervariasi  dari tebal hingga tipis. Salah satu bahan berupa barang bekas yang bisa dimanfaatkan ialah dengan menggunakan botol bekas. Jenis botol bekasnya pun bermacam-macam, bisa menggunakan botol bekas berbahan gelas kaca, yang bentuk dan warnanya juga bisa bervariasi, ada warna putih bening dan yang hijau tua atau hijau botol dan lain sebagainya  atau bisa juga dicoba dengan menggunakan bahan botol bekas berbahan plastik. Cuci bersih setiap botolnya dan lalu keringkan. Kumpulkan botol yang sama hingga jumlahnya mencukupi  lalu susun dengan rapi bisa rekatkan dengan menggunakan lem, atau diikat satu sama lain dengan tali bisa menggunakan beragam jenis bahan tali dan warnanya sesuaikan dengan selera yang bisa menambah keindahannya juga. Susunan botol-botol bekas tersebut akan membentuk suatu partisi semi transparan yang akan membiaskan cahaya sinar matahari pada saat pagi  siang hingga sore hari dan cahaya lampu pada malam hari sehingga akan membentuk bayangan yang unik dan nuansa ruangan pun akan menjadi berbeda-beda setiap waktunya.

READ  Teralis Anti Maling Terbaru

Partisi Ruang dari CD Bekas

Jaman sekarang CD atau keping DVD telah digantikan dengan adanya flashdisk. Daripada sia-sia maka keping-kepingan DVD atau CD tersebut bisa dimanfaatkan menjadi partisi ruang atau tirai dari susunan kepingan CD. Bentuknya akan unik sekali.

Partisi Ruang dari Piringan Hitam Bekas

Piringan hitam pun telah bergeser fungsinya di era serba digital yang serba cloud sekarang ini  sehingga bisa dimanfaatkan untuk menjadi partisi ruangan.

Partisi Ruang dari Plat Nomor Kendaraan Bekas

Setiap lima tahun sekali kendaraan baik itu mobil maupun sepeda motor wajib didaftar ulang dan mendapatkan plat nomor yang baru, nah kumpulan bekas plat nomor yang telah tidak berlaku lagi tersebut bisa dimanfaatkan untuk menjadi sekat pembatas ruangan. Susun dengan rapi secara kreatif guna memunculkan efek estetikanya. Jangan lupa bersihkan terlebih dahulu plat nomor bekas tersebut lalu saling kaitkan bisa dengan menggunakan kawat atau kabel dalam aneka pilihan warna dan ukuran yang bisa dipilih sesuai selera. Jika jumlahnya masih sedikit maka bisa juga dikombinasikan dengan bahan lainnya seperti kayu misalnya atau batako dan lain sebagainya.

READ  Cara Membuat Rumah-Rumahan Dari Stik Ice Cream Beserta Gambarnya

Partisi Ruang dari Bingkai Pintu Bekas

Bingkai pintu bekas juga masih bisa dimanfaatkan untuk menjadi partisi ruang, baik itu yang berupa pintu solid dan pintu ukir maupun pintu kaca dan berbagai model pintu yang lainnya. Jumlahnya tak hanya satu bisa lebih dari satu bekas pintu, sesuai kebutuhan ruangannya. Bersihkan pintu bekas dan cat sesuai selera dan kaitkan satu sama lain lalu pasang menjadi sebagai partisi ruangan. Bisa juga jika hendak digabungkan dengan bahan material yang lainnya, seperti lembaran papan kayu atau bambu dan lain sebagainya.

Partisi Ruang dari Bingkai Jendela Bekas

Selain bingkai pintu bekas maka bingkai jendela bekas juga bisa dipergunakan, baik itu yang berjumlah satu atau beberapa dan dikombinasikan dengan bahan material lainnya maupun yang jumlahnya cukup banyak hingga bisa menutup keseluruhan luas ruangan.

READ  Tips Memilih Sofa Ruang Tamu Minimalis Berdasarkan Luas Ruangan

Partisi Ruang dari Kotak Bekas Peti Kemas

Bekas kotak peti kemas juga bisa dimanfaatkan menjadi partisi ruang. Dapat dibiarkan dalam warna aslinya, cukup dibersihkan dan dilapisi pernis atau bisa juga dicat dalam warna-warna lain sesuai selera. Partisi ruang tersebut juga sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai rak buku atau rak hiasan dinding lainnya, termasuk juga bisa menjadi tempat untuk menaruh lampu dan lain sebagainya.

Karya dan kreativitas itu tak terbatas, dengan daya kreativitas yang tinggi maka barang bekas pun bisa dibuat menjadi suatu hal yang berguna dan bermanfaat bahkan bernilai karya seni yang tinggi.

Artikel ini tentang:

cara membuat penyekat ruangan dari barang bekas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *