Home » Penataan Gudang yang Baik

Penataan Gudang yang Baik

  • by
Tata Ruang Gudang yang Bagus Pada Rumah Cantik

Tips Menata Barang Di Gudang Kecil

Pada masa awal atau persiapan membangun rumah, gudang sering kali tidak masuk ke dalam perencanaan. Padahal seiring berjalannya waktu dan bertambahnya jumlah anggota keluarga, tidak bisa dipungkiri akan semakin banyak barang yang menumpuk.

Tata Ruang Gudang yang Bagus Pada Rumah Cantik
Tata Ruang Gudang yang Bagus Pada Rumah Cantik

Oleh karena itu, penataan gudang yang baik perlu dilakukan agar gudang tidak menjadi seperti timbunan barang bekas. Berikut ini cara menata dan mempersiapkan sebuah gudang untuk ruangan kecil :

Ukuran & Lokasi Gudang

Gudang umumnya terletak di lokasi yang jarang dilalui orang. Pilihlah ruangan di bagian belakang, atau di luar rumah jika masih tersisa halaman kosong. Ukurannya tidak perlu terlalu besar. Ruangan 3×3 meter sudah cukup lebar untuk sebuah gudang rumah. Berilah akses pintu yang cukup lebar agar bisa memasukan barang-barang besar.

contoh gudang di atap loteng
contoh gudang di atap loteng
Perencanaan Posisi

Sebelum memasukan barang-barang, anda perlu merencanakan posisi dan lokasi bagi barang-barang yang akan anda simpan. Menambahkan rak tingkat dari aluminium atau stainless dapat membantu anda merapikan barang-barang yang akan disimpan.

Tempat Gudang Layout Desainnya
Tempat Gudang Layout Desainnya

Siapkan pula beberapa rak plastik untuk menyimpan dokumen atau barang-barang dari kain seperti taplak meja atau tirai. Ada baiknya anda juga membagi beberapa bagian rak untuk masing-masing keluarga. Hal ini akan memudahkan anda mencari lagi barang-barang bila suatu saat diperlukan.

Membagi Barang Berdasar Frekuensi

Barang-barang yang anda masukan ke dalam gudang tentu saja tidak semuanya akan selamanya berada di sama. Tentu saja akan ada barang yang dibutuhkan sewaktu-waktu, misalnya saja koleksi sepatu atau aksesoris hiasan hari raya yang dipakai setahun sekali. Pilah-pilah dahulu barang yang akan sering dipakai, dan letakkan di tempat yang mudah dijangkau. Semakin jarang barang dipakai, maka lokasi penyimpanannya semakin ke belakang. Hal ini menjadi bagian dari penataan gudang yang baik.

Jenis barang

Berbagai barang bekas atau jarang digunakan bisa jadi masuk ke dalam gudang. Namun tidak semua barang bisa anda simpan terlalu lama di gudang. Beberapa jenis barang juga memerlukan perhatian dan perlakuan khusus agar tidak mudah rusak saat disimpan.

penataan rapi barang-barang di gudang
penataan rapi barang-barang di gudang

Barang-barang bekas seperti baju, sepatu, dan perlengkapan fashion lain bisa anda berikan tempat khusus agar tidak mudah kotor. Masukan kedalam plastik dan pisahkan berdasar jenisnya. Jika memang sudah tidak terpakai, ada baiknya anda jual atau sumbangkan ke panti asuhan.

READ  Strategi yang Harus Disiapkan Saat Bangun Rumah Tanpa Keluar dari Budget

Begitu pula dengan barang elektronik bekas seperti televisi atau lampu meja. Jika memang sudah tidak terpakai lebih baik dijual atau dibuang saja. Tumpukan barang elektronik rusak bisa jadi hanya memakan ruangan gudang anda.

Akses Barang

Dalam menata barang di gudang, pastikan anda memberi ruang untuk melintas. Selain itu jangan menyusun barang berlapis-lapis ke belakang. Pastikan barang-barang yang anda simpan mudah diakses. Jika anda tidak memberikan jalan lewat untuk mengakses barang-barang tersebut, niscaya tumpukan barang tersebut akan semakin menumpuk. Lambat laun anda menjadi malas menyentuh barang-barang tersebut, apalagi untuk membersihkannya.

tempatkan sesuai tempatnya
tempatkan sesuai tempatnya
Kebersihan

Barang-barang yang tersimpan di gudang juga memerlukan pembersihan. Membiarkan barang hanya tersimpan di gudang tanpa menyentuhnya sama sekali tentu bukan hal yang disarankan. Apalagi, semakin lama anda tentu akan menambah jumlah barang di gudang.

READ  Trik Jitu Mendesain Kamar Tidur Minimalis, Kecil Tapi Tetap Nyaman

Menjaga kebersihan daerah gudang juga perlu dilakukan agar kelak anda tidak malas masuk ke dalam gudang anda. Selain itu, anda juga tidak perlu repot-repot membersihkan barang anda bila sewaktu-waktu dibutuhkan. Banyak barang di gudang memerlukan tempat yang bersih agar awet disimpan.

rak gudang rapi sesuai barang
rak gudang rapi sesuai barang

Gudang yang kotor tentu akan menjadi sarang kuman, bakteri, dan beragam serangga seperti kecoa serta laba-laba. Oleh karena itu, buat jadwal untuk membersihkan secara rutin, minimal dengan menyapunya setiap hari. Pembersihan total setiap 6 bulan, serta menyemprotkan obat serangga juga bisa masuk dalam jadwal anda.

Sirkulasi Udara

Dalam membuat gudang sekecil apapun, pastikan ada sirkulasi udara yang baik di dalamnya. Gudang yang tertutup rapat sangat tidak dianjurkan karena akan meningkatkan kelembaban dan merusak barang-barang yang anda simpan. Tentu saja penataan gudang yang baik akan menjadi sia-sia karena barang yang anda simpan menjadi tidak awet. Selain itu, jamur juga mudah tumbuh di dalam ruangan yang lembab. Oleh karena itu, pastikan anda memberikan beberapa ventilasi yang sekeliling ruangan gudang. Anda juga bisa menambahkan exhausted fan untuk mengeluarkan udara panas dari dalam gudang.

READ  10 Tips Tingkatkan Pikiran Positif di Dalam Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *