Home » Tata letak Dapur yang Baik: Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Membangun Dapur Minimalis

Tata letak Dapur yang Baik: Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Membangun Dapur Minimalis

  • by
contoh layout desain dapur yang terbaik

Dapur adalah bagian yang wajib ada dalam sebuah rumah. Dapur yang lengkap dan tertata rapi tentu akan menyenangkan pada saat digunakan untuk menyiapkan makanan. Namun tidak semua rumah memiliki ruangan yang cukup luar untuk menjadi sebuah dapur.

Bila anda hanya memiliki ruang kecil untuk membangun dapur idaman anda, perhatikan tips untuk dapur minimalis berikut agar anda bisa menyiapkan tata letak dapur yang baik :

  • Perencanaan Layout

Buatlah dulu rencana bentuk dapur yang anda inginkan untuk dibangun. Jangan lupa membuat daftar barang-barang apa saja yang anda butuhkan dan harus tersedia di dapur anda. Dengan membuat daftar ini, anda bisa membuat gambaran dimana barang-barang tersebut akan anda letakan. Jejerkan kompor, lemari cuci, dan wastafel pada satu baris agar mempermudah pekerjaan anda di dapur.

contoh layout desain dapur yang terbaik
contoh layout desain dapur yang terbaik

Jangan lupa memberikan ruang bebas untuk anda mondar-mandir saat memasak. Jika membutuhkan lemari pendingin, letakkan agak jauh dari area dapur agar tidak memenuhi ruangan.

  • Lemari & Rak Gantung

Tidak semua barang di dapur akan anda gunakan setiap hari. Ada berbagai jenis peralatan dapur yang hanya anda gunakan sesekali untuk memasak hidangan khusus. Oleh karena itu, ruang penyimpanan dibutuhkan untuk menempatkan barang-barang tersebut.

READ  Desain Ruang Kerja Kantor Yang Ergonomis
rak gantung dapur washtafel
rak gantung dapur washtafel

Beberapa lemari diperlukan untuk menyimpan barang, serta memisahkan bahan-bahan memasak. Tambahkan beberapa rak gantung untuk meletakkan bumbu dapur yang biasa anda pakai. Tambahkan pula beberapa rak gantung untuk menyimpan peralatan yang jarang digunakan.

  • Manfaatkan Dinding

Jika anda memiliki sisa dinding yang menganggur, tidak ada salahnya anda memanfaatkan ruang tersebut untuk menempelkan beberapa peralatan masak di sana. Buatlah susunan berbagai jenis pisau dapur anda dengan memanfaatkan magnet dinding. Selain itu, dinding juga bisa menjadi ruang untuk menggantung spatula, panci kecil, serta tempat sendok dan garpu. Namun, anda perlu memperhatikan tata letak dapur yang baik agar peralatan yang anda tempelkan tidak terkesan sembarangan.

pegboard desain keren
pegboard desain keren
  • Wastafel Single Sink

Dapur minimalis juga membutuhkan tempat cuci yang mudah diakses. Wastafel single sink lebih disarankan untuk model dapur ini. Dengan demikian, anda membiasakan diri untuk membersihkan peralatan dapur setelah digunakan. Selain itu model wastafel ini juga tidak memakan tempat. Sediakan rak kecil di dekat wastafel untuk barang-barang yang telah dicuci, lalu simpan kembali ke tempat semula setelah kering.

READ  Pagar Rumah Minimalis Batu Alam Yang Diminati
kitchen sink washtafel yang keren
kitchen sink washtafel yang keren
  • Sirkulasi Udara & Pencahayaan

Memasak tentu akan berhubungan dengan panas. Salah satu kesalahan yang sering terjadi saat menyusun tata letak dapur adalah tidak memperhatikan sirkulasi udara. Hasilnya, sebuah dapur yang panas dan pengap karena ukurannya kecil dan tidak ada angin keluar masuk. Pastikan anda memberikan jendela kecil di sekitar dapur, terutama di dekat kompor. Jangan lupa dengan lubang ventilasi udara, serta jika perlu anda menambahkan exhausted fan.  

desain ergonomis dan sirkulasi baik di dapur
desain ergonomis dan sirkulasi baik di dapur

Selain itu, faktor penerangan juga harus diperhatikan. Penerangan yang baik akan membantu anda dalam memasak. Berikan sorotan pencahayaan yang cukup terang terutama di sekitar tempat anda menyiapkan masakan dan dekat kompor.

  • Peralatan Multifungsi

Meminimalisir peralatan tentu akan membuat dapur anda lebih lapang. Pilihlah peralatan dapur yang multifungsi agar anda tidak menyimpan terlalu banyak barang. Meja yang anda gunakan untuk menyiapkan masakan juga bisa difungsikan sebagai meja makan. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan bagian bawah meja sebagai lemari penyimpanan.

READ  Desain Rak Buah Cantik Minimalis
contoh peralatan multifungsi di dapur
contoh peralatan multifungsi di dapur

Beberapa peralatan masak seperti panci dan wajan juga tidak perlu terlalu banyak. Jika memungkinkan, pilihlah peralatan memasak yang bisa digunakan untuk berbagai jenis masakan. Hindari menambahkan oven atau microwave yang jarang digunakan .

  • Mengurutkan Penataan Peralatan Dapur

Tidak semua peralatan di dapur pasti anda gunakan. Banyak peralatan yang akan anda simpan dan dipakai sesekali waktu saja. Oleh karena itu, penataan lemari dapur juga perlu diperhatikan. Lemari di bagian bawah meja lebih baik dikhususkan bagi peralatan yang sering anda gunakan. Berikan pula lemari kecil untuk penyimpanan alat makan dan minum agar tidak berada di atas meja. Tata letak dapur yang baik juga memperhitungkan bahwa peralatan yang sering digunakan haruslah mudah dijangkau.

Hal ini juga bertujuan agar anda mudah merapikannya setelah dicuci. Anda tentu tidak nyaman dengan peralatan yang berserakan di dapur anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *