Home » Tips Bangun Rumah 50 Juta dan Alternatifnya

Tips Bangun Rumah 50 Juta dan Alternatifnya

  • by
Bangun Rumah 50 Juta

Berapa angka yang ada di dalam bayangan dan pikiran Anda ketika mengestimasi biaya bangun rumah? Apakah 100 juta? 500 juta? Atau bahkan sampai 1 miliar? Tapi, tahukah anda kalau sebenarnya Anda juga bisa bangun rumah 50 juta saja, lho!

Bangun Rumah 50 Juta
Bangun Rumah 50 Juta

Anda barangkali masih ragu dengan pernyataan tersebut. Sebab, bagaimana bisa Anda bisa bangun rumah hanya dengan budget sekecil Rp 50 juta saja? Terlebih lagi, memangnya membangun rumah dengan budget sekecil itu bisa mewujudkan impian Anda punya rumah yang cantik dan nyaman?

Bangun Rumah 50 Juta Bukan Mustahil!

Setiap orang tentu ingin memiliki rumahnya sendiri, dan Anda pasti juga salah satunya, kan? Meski begitu, rasanya impian tersebut tak bisa terwujud dengan mudah. Salah satu alasan utamanya adalah faktor biaya.

Tapi sekali lagi, rupanya membangun rumah tidak mengharuskan Anda untuk keluar uang sampai ratusan juta, apalagi miliaran. Meski demikian, tentu Anda juga harus realistis. Maksudnya, kalau Anda punya budget terbatas, Anda tetap bisa punya rumah sendiri tapi bukan berarti rumahnya berukuran besar selayaknya istana atau rumah para artis, ya!

Oleh karena itu, Anda juga perlu tentukan prioritas. Dengan budget yang terbatas, utamakan kenyamanan hunian Anda terlebih dahulu. Ingat apa fungsi rumah untuk Anda, yaitu sebagai tempat tinggal dan beristirahat dengan nyaman setelah beraktivitas sehari-hari.

Apalagi, ada banyak trik yang sebenarnya bisa Anda lakukan untuk membuat rumah nyaman, meskipun ukurannya kecil seperti jika Anda bangun rumah 50 juta sekalipun. Salah satunya adalah memilih rumah bergaya minimalis yang simpel, tapi juga sangat cocok untuk hunian mungil. Selain itu, desain minimalis juga tidak akan pernah ketinggalan tren. Malah, Anda bisa mendekorasi ulang rumah sesuka hati sesuai keinginan Anda dengan bebas.

READ  Tips Kalkulasi Biaya Rumah Hanya 100 Juta

Tapi, sebelum Anda bisa mulai menata dan mendekorasi rumah impian sebagai hunian nyaman, tentu Anda harus mewujudkan impian tersebut terlebih dahulu, kan? Nah, bagi Anda yang punya budget super tipis, yuk simak beberapa tips penting bangun rumah 50 juta berikut ini!

Tips Bangun Rumah Budget Minim

1. Memanfaatkan lahan berukuran terbatas.

Karena budget yang Anda punya terbatas, tentu wajar jika Anda hanya akan bisa membangun rumah di atas lahan yang ukurannya juga terbatas. Untuk budget sekitar Rp 50 jutaan, ukuran lahannya kira-kira sekitar 40 sampai 60 m2. Meski begitu, tentu hal ini juga masih ditentukan pula dengan harga tanah, ya!

Tapi, lain cerita jika Anda dan keluarga memang sudah memiliki tanah kosong sejak awal. Misalnya lahan kebun yang tidak terpakai dan tidak ditanami, sehingga Anda memutuskan untuk membangun rumah di atasnya. Dalam hal ini, tentu budget Anda yang terbatas bisa lebih leluasa dari segi penggunaan dan pengelolaannya.

Meski begitu, pada dasarnya untuk bangun rumah 50 juta, Anda bisa perkirakan ukuran rumahnya berkisar antara tipe 21 sampai tipe 36.

2. Pilih material dengan harga terjangkau.

Mengingat bahwa budget Anda untuk bangun rumah terbatas, berhemat tentu adalah salah satu hal penting yang wajib Anda lakukan. Salah satunya adalah melakukan penghematan dari segi biaya bahan baku material untuk membangun rumah.

Oleh karena itu, wajar jika Anda tidak perlu membeli semen, ubin keramik, atau material lainnya yang punya kualitas grade tertinggi. Sebab, material grade satu tentu sangat mahal dan budget Anda tidak akan bisa menyanggupinya.

Dengan demikian, pilihlah material yang harganya terjangkau dan cocok dengan budget yang Anda punya. Dengan begitu, Anda bisa berhemat dan impian memiliki rumah sendiri meskipun budget Anda terbatas pun dapat terwujud.

Akan tetapi, apakah artinya satu-satunya pilihan Anda adalah material murah dengan kualitas yang kurang baik? Tentu saja tidak. Sebab, Anda bisa juga mendapatkan material dengan kualitas yang sudah baik (tapi tentu bukan yang grade satu), namun dengan harga yang lebih terjangkau lagi. Misalnya dengan memanfaatkan program diskon yang ditawarkan oleh toko bangunan.

READ  Tіps Desaіn Іnterіor Ruang Makan Tanpa Bіaya Mahal

Di samping itu, Anda bisa coba pertimbangkan untuk membeli ubin saat program cuci gudang. Walaupun selalu ada kemungkinan bahwa sisa stoknya barangkali tidak akan cukup untuk rumah, Anda bisa kombinasikan beberapa bentuk atau warna ubin sekaligus untuk menciptakan kesan unik nan menarik di dalam hunian Anda nanti.

3. Pekerjakan tukang yang andal, terpercaya, dan profesional.

Selain material, biaya yang paling banyak menyedot uang ketika membangun rumah sendiri adalah biaya tukang. Oleh karena itu, pastikan bahwa setiap rupiah yang Anda keluarkan untuk membayar tukang dapat memberikan hasil yang maksimal.

Karena alasan itulah sangat penting bagi Anda untuk memilih tukang bangun rumah yang benar-benar profesional dan 100 persen dapat dipercaya. Hal ini untuk meminimalkan risiko ledakan biaya bangun rumah karena hasil pekerjaan yang kualitasnya buruk sampai risiko tukang mangkir dari pekerjaan.

Anda bisa minta rekomendasi dari teman atau saudara yang sudah pernah bangun rumah sendiri dengan jasa tukang atau jasa borongan. Kemudian, ketika Anda bertemu dengan mandor tukangnya, jelaskan pula bahwa Anda memiliki budget terbatas. Negosiasikan biaya dengan bijak dan cermat agar kedua belah pihak – Anda dan tukang – tidak ada yang merasa dirugikan.

Alternatif Bangun Rumah dengan Budget Terbatas

Dengan budget yang minim, apakah masih ada solusi selain bangun rumah sendiri? Tentu saja sewa atau kontrak tidak masuk ke dalam pilihan karena ini artinya Anda tetap belum akan bisa memiliki hunian Anda sendiri, ya.

Rupanya, masih ada beberapa alternatif yang bisa Anda pilih untuk mewujudkan impian punya rumah sendiri selain dengan membangun rumah, lho! Apa saja ya alternatifnya?

  • Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA).

Ini merupakan program yang diselenggarakan oleh Pemerintah RI, tepatnya lewat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Proyek RISHA menjadi solusi bagi masyarakat agar bisa membeli rumah sendiri, namun dengan harga yang lebih terjangkau.

risha-tahan-gempa-rumah-tahan-gempa-rp-24-juta,-pembangunan-cukup-5-jam-[teaser]
Risha Tahan Gempa Rumah Tahan Gempa Rp 24 Juta, Pembangunan Cukup 5 Jam [teaser]

Duration: 1:01. Views: 3.4K views

PLAY MY VIDEO

Dengan harga hanya sekitar Rp 50 jutaan saja, RISHA dibangun menggunakan konsep knock down di mana pembangunannya tidak menggunakan semen dan bata. Sebab, proses pembangunannya dilakukan dengan cara menggabungkan panel-panel beton menggunakan baut.

rumah instan sederhana sehat wg modular 1000 x 1000 · jpeg
READ  Kriteria Rumah Sehat Dengan Ventilasi Atap Dapur Yang Baik

rumah instan sederhana sehat wg modular

risha solusi desain rumah tahan gempa  minim budget 800 x 577 · jpeg

risha solusi desain rumah tahan gempa minim budget

rumah instan sederhana sehat sebagai stimulan bagi nelayan 800 x 600 · jpeg

rumah instan sederhana sehat sebagai stimulan bagi nelayan

risha rumah instan sederhana sehat contoh risha kantor 804 x 604 · jpeg

risha rumah instan sederhana sehat contoh risha kantor

mengenal rumah instan sederhana sehat risha keunggulan 943 x 611 · jpeg

mengenal rumah instan sederhana sehat risha keunggulan

casita  risha pilihan rumah instan  bisa dirakit 750 x 500 · png

casita risha pilihan rumah instan bisa dirakit

risha rumah instan murah  bagus  tidak 600 x 300 · jpeg

risha rumah instan murah bagus tidak

wajib bersertifikat berapa biaya pelatihan aplikator 640 x 360 · jpeg

wajib bersertifikat berapa biaya pelatihan aplikator

kenali risha rumah instan sederhana  sehat jago 2400 x 1200 · jpeg

kenali risha rumah instan sederhana sehat jago

rumah risha semoga bisa menjadi solusi bagi  kesulitan 320 x 229 · jpeg

rumah risha semoga bisa menjadi solusi bagi kesulitan

wow desain rumah sederhana minimalis anti gempa milik 1280 x 960 · jpeg

wow desain rumah sederhana minimalis anti gempa milik

cetak tenaga terampil pembuat risha pupr gelar pelatihan 800 x 500 · jpeg

cetak tenaga terampil pembuat risha pupr gelar pelatihan

rumah panel surabaya bangun rumah panel kuat cepat murah 628 x 519 · png

rumah panel surabaya bangun rumah panel kuat cepat murah

  • Co-housing.

Konsep yang satu ini masih terbilang baru di Indonesia, tapi sudah lama diterapkan di luar negeri, terutama negara-negara Eropa. Lewat konsep hunian ini, Anda tinggal bersama dengan beberapa orang sebagai satu komunitas.

what-is-cohousing?
What Is Cohousing?

Duration: 2:00. Views: 15K views

PLAY MY VIDEO

Meskipun tinggal bersama, tentu masing-masing penghuni akan memiliki ruang pribadinya sendiri-sendiri. Biayanya tentu akan lebih terjangkau, karena pada dasarnya bisa dibilang Anda akan patungan dengan beberapa orang lainnya.

Dalam konsep co-housing, biasanya yang menjadi satu komunitas adalah orang-orang dengan kesamaan tertentu, misal kesamaan pekerjaan atau minat dan hobi. Di samping itu, konsep ini juga berbeda dengan kos-kosan, karena masih ada orang lain yang menjadi pemilik sah tanah dan bangunan kos. Sedangkan dalam co-housing, satu komunitas tetap bisa mengupayakan adanya pembagian tanah dan bangunan yang jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *