Home » Tips Membangun Rumah Impian Dengan Biaya 30 Juta

Tips Membangun Rumah Impian Dengan Biaya 30 Juta

  • by
TIPS-MEMBANGUN-RUMAH

Memiliki rumah sendiri merupakan idaman siapapun. Hunian harus menjadi tempat paling nyaman dan aman untuk melepas penat, bertemu keluarga, tempat istrahat, dan lainnya. Kendala utama membangun rumah akan sangat membutuhkan budget yang cukup banyak. Harga tanah saja sudah cukup mahal. Ini membuat orang menunda dalam membangun hunian. Namun, jika anda dapat memperhitungkan dan membuat rencana keuangan yang baik maka anda dapat memulai desain rumah dengan biaya 30 juta.

tips membangun rumah biaya 30 jutaan
tips membangun rumah biaya 30 jutaan

Untuk mendapatkan hunian impian dengan harga terjangkau, anda perlu menyiapkan beberapa strategi. Di bawah ini tips membangun rumah dengan biaya 30 juta:

Tentukan tipe bangunan yang tepat

Budget 30 juga terkadang memang dianggap tidak mungkin untuk rumah dikarenakan biaya KPR rumah juga mahal. Jadi, banyak orang yang memilih mengumpulkan uang terlebih dahulu, daripada memulai membangun rumah. Tips pertama, tentukan tipe rumah sesuai keuangan. Saat ini, tipe rumah juga beragam. anda bisa memilih tipe rumah yang 21. Rumah tipe 21 cocok bagi pasangan yang baru menikah atau sedang berkarir. Fasilitas di dalamnya berisi 1 kamar tidur, mandi, dapur dan teras minimalis.

bangun rumah  testing dana  juta youtube

bangun rumah testing dana juta youtube

Pilih desain jenis rumah yang tepat

Terdapat 3 jenis rumah yang memerlukan biaya 30 juta. Jenis rumah pertama adalah rumah kontainer. Rumah ini dapat dijadikan sebagai alternatif, rumah dengan kesan sederhana dan modern. Di samping itu, rumah kayu sederhana juga memiliki biaya 30 juta. Harga rumah kayu cukup terjangkau dan rumah terlihat lebih natural.

Rumah kayu sederhana lebih awet dan kuat. Apalagi jika menggunakan jenis kayu berkualitas. Selain itu, lakukan perawatan rumah secara berkala.

Jenis rumah yang dapat diterakan dengan biaya 30 juta adalah desain rumah minimalis. Rumah modern minimalis ini sudah digemari karena konsep desain lebih mudah dan dapat diatur pengeluaran yang dibutuhkan. Desain minimalis tidak memerlukan interior banyak. Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan jasa desain rumah terpercaya.

Dalam membangun rumah, anda akan mulai dengan mendesain rumahnya. Jangan memilih desain yang rumit. Ini juga akan menekan pengeluaran pembangunan rumah. Desain juga berfungsi untuk meminimalkan kesalahan ketika proses pengerjaan bangunan. Anda tidak membutuhkan gambar sketsa, mulai tentukan bagian detail bangunan seperti jendela, ruang kamar, teras dan juga letak pintunya.

READ  Bagaimana Cara Membuat Sekat Ruangan dengan Triplek?

Menghemat dana pembangunan rumah dapat dilakukan juga dengan cara buat ruangan multifungsi agar biaya bangunan dan waktu juga dapat lebih efisien. Misalnya menggabungkan antara ruang makan dan dapur.

Memilih material ekonomis

Pilihan material akan mempengaruhi biaya pengeluaran juga. Mulai memilih material yang ekonomis tapi harus selektif. Oleh karena itu, melakukan perbandingan antar material sangat membantu dalam pembangunan hunian.

Jangan memilih material asal-asalan demi bangun rumah dengan biaya terjangkau. Penggunaan material seperti semen, pasir, batu dan lainnya harus tetap berkualitas. Anda dapat mengunjungi toko bangunan untuk mendapatkan harga. Sehingga lebih mudah menentukan estimasi biaya material yang dibutuhkan.

Manfaatkan material bekas layak pakai

Tips selanjutnya untuk mewujudkan impian bangunan rumah dengan biaya 30 juta adalah memanfaatkan material bekas tapi masih berkualitas. Setidaknya material bekas tersebut masih bagus sekitar 80%. Membangun rumah dengan dana minim, itu mungkin saja ketika anda memiliki kemauan besar untuk mewujudkannya.

Pilih jasa kontraktor terbaik

Kunci utama dari pembangunan rumah yaitu penggunaan jasa kontraktor. Banyaknya jasa konsultasi terbaik yang menawarkan harga terjangkau, anda perlu memilih jasa yang dapat diajak berdiskusi. Komunikasi itu penting, oleh karena itu cari jasa yang pengertian dan detail dalam menjelaskan terkait bangunan rumah.

Jasa bangunan juga sudah dilengkapi perkiraan harga, berpengalaman dalam bidangnya. Cari jasa bereputasi dan kredibilitas.

Ikut berpartisipasi dalam pembangunan rumah

Mendapatkan desain rumah dengan biaya 30 juta, caranya dengan ikut berpartisipasi dalam proses pembangunan rumah. hal ini dapat mengurangi pembiayaan untuk tukang bangunan. Tidak hanya membantu, tetapi anda dapat mengawasi langsung pembangunan. Sekarang kecurangan sering terjadi kepada klien. Oleh sebab itu, memilih pekerja harus selektif dan di bawah pengawasan.

Menghitung elemen kebutuhan rumah minimalis

Melakukan riset terlebih dahulu terkait harga elemen untuk rumah minimalis. Perhitungan satu persatuan ini sangat penting, jangan menetapkan langsung biayanya. Mulailah memisahkan biaya luas bangunan per meter persegi dan harga jasa. Kemudian, material dan interior untuk tempat tinggal tersebut. Maka dari itu, usahakan mendapatkan biaya secara lengkap.

READ  Denah Kamar Kost 3x4

Tidak memiliki banyak sekat

Hindari penggunaan sekat dalam rumah, ini akan membuat rumah terlihat lebih luas. Tidak memiliki banyak sekat akan menghemat pengeluaran dan anda tidak harus menambah banyak perabot rumah tangga.

Memperkirakan biaya bangun rumah

Paling penting dalam pembangunan rumah agar tidak overbudget tentu saja memperkirakan biayanya. Lakukan pembangunan secara bertahap. Bangun rumah dimulai dari fondasi rumah. Secara tidak langsung, anda harus memperhatikan biaya fondasi.

Paling penting memperhatikan material penyusun konstruksi, jika terjadi kesalahan maka akan menimbulkan masalah pada bangunan tersebut. Estimasi biaya fondasi dengan penggunaan material seperti batu, semen dan pasir, dapat mencapai sekitar 3 juta.

Tahap selanjutnya, mulai membangun tembok rumah. Fungsi tembok sebagai pembatas antar ruangan. Hitunglah jumlah bata yang dibutuhkan. Jangan sampai kelebihan dan kekurangan misalnya luas rumah sekitar 21 m2 maka jumlah bata dapat mencapai 4.000 bata dengan biaya 2.5 juta. Di tambah lagi dengan pasir dan juga semen. Total biaya dapat mencapai 4 juta.

Memberikan kusen untuk menambahkan jendela dan pintu. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ukuran rumah dengan biaya 30 juta adalah tipe 21 sehingga membutuhkan 2 pintu dan 4 jendela.

Bagian rumah lainnya yang penting adalah atap. Pemilihan jenis atap juga sudah banyak seperti memanfaatkan genteng, atap cor atau asbes. Perkiraan biaya untuk atap sekitar 5 juta.

Jangan cepat melakukan finishing

Untuk menghemat budget bangun rumah, lakukan penundaan finishing. Anda dapat memanfaatkan waktu untuk mengumpulkan uang. Dengan membangun rumah secara bertahan juga akan membuat anda lebih mudah.

Siasati dengan halaman yang minimalis

Hunian dengan teras atau halaman yang kecil juga tidak terlalu buruk. Anda dapat melihat referensi bagaimana rumah minimalis dengan halaman tidak terlalu luas. Tipsnya gunakan model jendela luar yang berukuran kecil. Hal ini juga dapat membuat ruangan di dalamnya tampak luas.

READ  Membuat Dapur Minimalis dengan Desain Terbaru

Sudah memiliki bidang tanah

Jika menginginkan rumah dengan biaya 30 juta, pastikan sudah menyediakan sebidang tanah. Tanah merupakan komponen paling mahal. Oleh karena itu, sebaiknya sediakan dulu tanahnya. Pastikan mencari tanah dengan harga yang murah. Biasanya harga tanah di pedesaan dan perkotaan berbeda, bergantung lokasi tanah tersebut apakah strategis atau tidak. 

bangun-rumah-industrial-7x12-(ujicoba-dana-50-juta-sampai-mana)
Bangun Rumah Industrial 7×12 (ujicoba Dana 50 Juta Sampai Mana)

Duration: 18:56. Views: 55K views

PLAY MY VIDEO

rumah-di-trowulan-mojokerto-dibongkar-paksa-ini-pemicunya
Rumah Di Trowulan Mojokerto Dibongkar Paksa Ini Pemicunya

Duration: 5:09. Views: 2.1K views

PLAY MY VIDEO

desain-rumah-minimalis-dua-lantai-6x12-meter-4-kamar-tidur
Desain Rumah Minimalis Dua Lantai 6×12 Meter 4 Kamar Tidur

Duration: 12:12. Views: 67K views

PLAY MY VIDEO

berikut-7-karakter-generasi-z-di-dunia-kerja---kamu-punya-yang-mana???
Berikut 7 Karakter Generasi Z Di Dunia Kerja Kamu Punya Yang Mana???

Duration: 8:03. Views: 340 views

PLAY MY VIDEO

bikin-rumah-tipe-48-modal-50juta-part-1-fondasi
Bikin Rumah Tipe 48 Modal 50juta Part 1 Fondasi

Duration: 1:01. Views: 26K views

PLAY MY VIDEO

cara-mendapatkan-free-course-list-building-mastery---cara-menghasilkan-uang-di-rumah-aja
Cara Mendapatkan Free Course List Building Mastery Cara Menghasilkan Uang Di Rumah Aja

Duration: 10:28. Views: 2.1K views

PLAY MY VIDEO

permata-ketingan-mlati-rumah-minimalis-jogja
Permata Ketingan Mlati Rumah Minimalis Jogja

Duration: 10:54. Views: 895 views

PLAY MY VIDEO

desain-interior-&-gambar-kerja-kamar-ukuran-2,54x3-m-yang-tetap-luas
Desain Interior & Gambar Kerja Kamar Ukuran 2,54×3 M Yang Tetap Luas

Duration: 11:50. Views: 149 views

PLAY MY VIDEO

6000-rusunami-buruh-diresmikan-jokowi,-dp-1-persen-dan-cicilan-rp-1,2-juta-per-bulan
6000 Rusunami Buruh Diresmikan Jokowi, Dp 1 Persen Dan Cicilan Rp 1,2 Juta Per Bulan

Duration: 2:39. Views: 10K views

PLAY MY VIDEO

bangun-rumah-6x10-(solusi-rumah-nyaman-di-lahan-yg-pas-pasan)
Bangun Rumah 6×10 (solusi Rumah Nyaman Di Lahan Yg Pas Pasan)

Duration: 12:15. Views: 45K views

PLAY MY VIDEO

bangun-rumah-30-juta-edisi-tiny-house-low-budget
Bangun Rumah 30 Juta Edisi Tiny House Low Budget

Duration: 12:01. Views: 1.4M views

PLAY MY VIDEO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *