Home » Tips Mendesain Kamar Mandi dan Dapur Sesuai Feng Shui

Tips Mendesain Kamar Mandi dan Dapur Sesuai Feng Shui

  • by
Tips Kamar Mandi dan Dapur Letaknya

Jika berbicara soal feng shui untuk rumah, kamar mandi juga tak kalah penting dibandingkan ruangan lainnya di dalam rumah anda. Bukan hanya materialnya saja yang harus selalu diperhatikan, namun anda juga harus memperhatikan desain kamar mandi menurut feng shui yang tepat supaya menambah fungsi ruangan dan kenyamanan anda.

Feng Shui sendiri adalah ilmu tipografi kuno yang berasal dari Tiongkok.

wikipedia

Ilmu satu ini dipercaya bahwa hubungan harmonis manusia dengan lingkungan yang ada di sekitarnya bisa membawa energi positif untuk mendatangkan keberuntungan. Untuk memunculkan energi atau aura positif tersebut, maka ada beberapa hal yang bisa anda terapkan. Jika anda kebetulan ingin membuat atau merenovasi kamar mandi, anda bisa ikuti tips di bawah ini.  Anda juga bisa belajar tentang letak dapur dan kamar mandi yang baik.

Tips Kamar Mandi dan Dapur Letaknya
Tips Kamar Mandi dan Dapur Letaknya

Tips mendesain kamar mandi

Hindari membuat kamar mandi pada bagian tengah rumah. Hal ini dikarenakan kamar mandi sebagai ruangan membuang hajat dan melakukan aktivitas lainnya. Membangun kamar mandi pada bagian tengah rumah bisa membuat bau tak sedap yang bisa tersebar ke seluruh rumah. Hal tersebut bisa memancing energi negatif juga bisa mempengaruhi kenyamanan di dalam rumah. Akan lebih baik jika kamar mandi berada di lokasi sudut agar sistem ventilasi udara lebih baik dan memadai.

  1. Kamar mandi sebaiknya tidak berhadapan dengan dapur
Kamar mandi berhadapan dengan dapur
Kamar mandi berhadapan dengan dapur

Jika kamar tidur anda mempunyai elemen udara, maka dapur anda akan dilambangkan sebagai elemen api. Dapur juga biasanya dilambangkan sebagai mata pencaharian serta kondisi financial dalam rumah tangga. Hal tersebut yang membuat dapur seharusnya tidak berhadapan langsung dikarenakan kamar mandi merupakan elemen air yang bisa mengganggu dapar sebagai elemen api. Keberadaan kamar mandi yang berhadapan langsung dengan air dikhawatirkan bisa memberikan pengaruh buruk bagi kondisi financial sebuah keluarga.

  1. Letak kamar mandi tidak berdekatan dengan kamar tidur
READ  Beragam Manfaat Mezzanine Dan Perhatikan Hal Ini Saat Membuatnya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika kamar tidur mewakili aliran udara, dan kamar mandi mewakili elemen air. Lokasi kamar mandi berdekatan kamar tidur bisa mengganggu kenyamanan anda dan anggota keluarga.  Kamar mandi yang lokasinya berdekatan dengan kamar tidur juga membuat kamar tidur anda rentan lembab sehingga kualitas kamar mandi juga bisa terganggu, terlebih lagi jika tidak mempunyai sirkulasi udara yang baik.

Contoh Denah Toilet di Bawah Tangga
Contoh Denah Toilet di Bawah Tangga
  1. Aturan jika ingin membangun kamar mandi di bawah tangga

Prinsip menata rumah minimalis terkadang menggunakan area lebih di bawah tangga untuk menempatkan kamar mandi. Hal tersebut sebenarnya kurang bagus dalam feng shui secara menyeluruh. Jika kamar mandi rumah anda sudah terlanjur berada di bawah tangga, maka anda juga bisa menyiasatinya dengan beberapa tips seperti memilih warna cerah untuk dinding dan tangga, sirkulasi udara dan sistem pencahayaan yang baik, dan pastikan pintu kamar mandi selalu tertutup.

  1. Memasang jendela di dalam kamar mandi

Menempatkan jendela di kamar mandi juga bisa memberi banyak dampak positif. Anda bisa membuka jendela tersebut sesering mungkin agar sirkulasi udara di dalam kamar mandi dapat berjalan lancar. Risiko kamar mandi lembab bisa menjadi sarang berkembang biak mikroorganisme penyebab penyakit. Jendela bisa memberi ruang kamar mandi dengan sistem pencahayaan alami sehingga ruangan di dalamnya bisa selalu terang meskipun lampu tidak sering dinyalakan.

  1. Pintu kamar mandi pastikan tidak menghadap ke jalan

Akan lebih baik jika pintu kamar mandi tidak menghadap langsung ke jalan utama ataupun membelakangi jalan di dalam interior rumah anda. Arah pintu kamar mandi yang salah bisa mengganggu finansial keluarga menurut feng shui. Hal tersebut bisa membuat pemilik rumah boros, sedangkan untuk pintu yang membelakangi justru bisa menghambat rezeki. Tak heran jika anda bisa pertimbangkan posisi pintu kamar mandi supaya sejalan dengan aturan feng shui satu ini.

READ  Ide Desain Rumah Minimalis Sederhana, Tak Mahal Tapi Nyaman Ditinggali

Tips Mendesain Dapur

Dapur juga sering kali disebut sebagai area jantung yang ada di dalam rumah. Setiap orang sudah mempunyai cara masing-masing dalam mewujudkan desain dapur idaman, mulai dari desain elegan hingga mengikuti ilmu feng shui. Untuk feng shui sendiri, dapur yang rapi, bersih, dan cerah bisa memberikan aura kemakmuran dan energy positif.

desain dapur yang nyaman
  1. Pisahkan elemen air dan api di dapur

Masih berkutat seputar perlengkapan di dapur, kali ini anda harus bisa memperhatikan posisi elemen air dan api. Elemen air yang dimaksud adalah wastafel, kulkas, dan elemen air adalah kompor. Posisi terbaik menurut feng shui dapur adalah dengan cara membentuk pola segitiga, yang paling penting adalah mengusahakan supaya kedua elemen tersebut tidak bersebelahan. Jika dapur anda kecil, maka anda juga dapat memisahkan dengan meletakkan vas bunga untuk pembatas. Letakkan posisi dua elemen tersebut memang bukan tanpa alasan, hal tersebut dipercaya bisa menghindari adanya perselisihan di dalam lingkungan keluarga.

  1. Letakkan posisi kompor

Di dalam feng shui dapur, kompor juga sering diibaratkan sebagai lambing kemakmuran. Tidak heran jika penempatan dan kebersihan kompor juga dianggap sangat penting. Anda bisa meletakkan kompor di dekat atau arahkan ke pintu dapur. Untuk solusi mudahnya, pastikan anda bisa melihat kompor anda saat memasuki dapur. Nah yang harus dihindari adalah menempatkan kompor di sudut dapur atau menghadap di bagian dinding. Pasalnya dalam feng shui sendiri, posisi kompor sangat dipercaya dapat menghalangi energy baik atau aura positif.

  1. Penerangan dapur baik
READ  Contoh Gambar Desain Ruangan Untuk Menyimpan Koleksi Sepatu Yang Mewah dan Mahal

Selain tema atau warna interior, penerangan juga hal penting di dalam penempatan feng shui. Pastikan jika dapurmu mempunyai jendela yang bisa memudahkan ruangan dimasuki sinar matahari. Jika anda tidak mempunyai jendela yang memadai, anda bisa mengakali hal tersebut dengan menggunakan lampu di beberapa titik. Trik lainnya, anda juga bisa menggantung cermin di seberang jendela supaya cahaya dapat dipantulkan ke seluruh ruangan.

  1. Gunakan warna cerah untuk area dapur

Anda bisa gunakan warna cerah pada interior dapur. Sebenarnya warna yang dianjurkan menurut feng shui adalah warna kuning, namun anda juga bisa menggunakan warna cerah lainnya. Kuning mempunyai energy bagus untuk memberikan kegembiraan dan kesehatan pencernaan. Selain itu, anda juga menggunakan warna elemen bumi seperti cokelat, terracotta, dan masih banyak lainnya. Warna tersebut bisa membuat energi atau aura dapur anda stabil. Selain dinding, anda juga bisa gunakan warna cerah untuk meja cabinet, dan perlengkapan dapur.

  1. Tambahkan vas bunga dan tempat buah di dapur

Tak hanya memperindah tampilan dapur anda, vas bunga juga mempunyai energi positif dalam ilmu feng shui. Demikian pula dengan tempat buah yang berisi jeruk dan apel. Menurut Feng Shui, posisi yang tepat untuk meletakkan vas bunga yaitu di antara kompor dan kulkas. Sementara tempat buah juga bisa anda tempatkan pada bagian tengah dapur. Banyak hal yang bisa anda coba ketika mencari letak dapur dan kamar mandi yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *