Home » Kolam Renang Minimalis Dengan Ukuran Kolam Renang Yang Memenuhi Syarat

Kolam Renang Minimalis Dengan Ukuran Kolam Renang Yang Memenuhi Syarat

  • by
ukuran ideal kolam renang pribadi

Memiliki kolam renang pribadi di rumah tentu akan menjadi hal yang sangat menyenangkan. Selain memenuhi fungsi utamanya sebagai tempat berenang, keberadaan kolam renang membuat nilai estetika rumah menjadi bertambah. Ukuran kolam renang yang memenuhi syarat olimpiade adalah 50×25 meter.

ukuran kolam renang olimpiade
ukuran kolam renang olimpiade

Tentu Anda tidak harus mengikuti ukuran tersebut karena bisa dibayangkan berapa luas tanah yang dibutuhkan untuk membangun rumah dengan sebuah kolam renang. Tidak ada ukuran baku yang harus diterapkan, kolam renang pribadi hanya perlu mengikuti ukuran yang sesuai dengan ketersediaan lahan dan kenyamanan penggunanya.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan

Sebelum membangun sebuah kolam renang pribadi di rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Yang pertama adalah ketersediaan lahan. Kolam renang pribadi memang tidak perlu mengikuti ukuran kolam renang yang memenuhi syarat. Akan tetapi sekecil apapun ukuran kolam renang yang akan dibuat, ketersediaan lahannya tetap harus dipertimbangkan. Kolam renang pribadi idealnya memiliki ukuran minimal 3×7 meter dengan mempertimbangkan kenyamanan saat berenang. Ukuran tersebut belum termasuk dengan jarak 50 cm yang harus ada di sekeliling kolam renang. Untuk membuat kolam renang dengan ukuran kolam renang yang memenuhi syarat, setidaknya Anda membutuhkan lahan seluas 8×4 meter.

READ  Tren Terbaru Model Rumah Modern Sederhana
ukuran ideal kolam renang pribadi
ukuran ideal kolam renang pribadi

Listrik menjadi hal selanjutnya yang harus dipertimbangkan. Sebuah kolam renang memerlukan pompa air yang digunakan untuk memutar air agar selalu bersih. Daya minimal yang dibutuhkan untuk sebuah pompa air kolam renang adalah 500 watt. Selain itu, kolam renang juga membutuhkan penerangan dari lampu underwater. Setidaknya ada 3 lampu underwater dengan daya masing-masing 100 watt yang harus digunakan pada sebuah kolam renang berukuran 3×7 meter. Jadi, Anda memerlukan daya listrik sekitar 800 watt  untuk memiliki sebuah kolam renang minimalis di rumah.

kolam renang pribadi belakang rumah
kolam renang pribadi belakang rumah

Pasokan air yang akan menjadi sumber air kolam renang juga perlu dipertimbangkan. Apakah Anda akan menggunakan air PAM, air tanah atau air gunung yang didatangkan langsung untuk mengisi kolam renang. Dengan treatment yang benar, air kolam renang tidak perlu terlalu sering diganti dengan cara selalu menjaga kebersihan serta kadar klorin dan tingkat keasaman (PH) yang dimiliki air.

READ  Cara Membuat AC Alami dan Gratis Tanpa Listrik

Tips membangun kolam renang minimalis

Setelah mempertimbangkan hal-hal tersebut, Anda bisa langsung membangun sebuah kolam renang pribadi di lahan minimalis. Berikut ini beberapa tips membangun kolam renang minimalis yang bisa Anda terapkan.

  • Menggunakan ukuran kolam yang ideal

Ukuran kolam memang menjadi hal pertama yang akan mempengaruhi kenyamanan saat berenang. Oleh karena itu meskipun memiliki lahan yang terbatas, usahakan Anda tetap membangun kolam renang dengan ukuran yang ideal. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, ukuran kolam renang yang memenuhi syarat ialah 3×7 meter. Jika lahan yang dimiliki ternyata tidak memenuhi ukuran tersebut, Anda dapat mengatasinya dengan cara membuat kolam renang minimalis berarus.

  • Menggunakan sistem pengairan skimmer

Dengan sistem pengairan yang tepat, air kolam renang tidak perlu terlalu sering diganti karena mesin penyaring pada sistem pengairan akan membersihkan air kolam secara otomatis.  Ada dua sistem pengairan yang biasa digunakan yaitu sistem pengairan overflow dan skimmer. Sistem pengairan overflow memerlukan sebuah alat sirkulasi yang bernama balancing tank. Ada lahan khusus yang perlu dipersiapkan untuk menampung balancing tank.

sistem pengairan skimmer pada kolam renang
sistem pengairan skimmer pada kolam renang

Oleh karena itu, untuk kolam renang minimalis sangat disarankan menggunakan sistem pengairan skimmer yang tidak memerlukan adanya lahan tambahan untuk menampung alat sirkulasinya.

  • Menggunakan material kasar di permukaan kolam
READ  Kumpulan Model Plafon Rumah Minimalis Modern Terbaru

Permukaan kolam renang akan cenderung licin dan dapat membahayakan penggunanya saat berpijak pada permukaan tersebut. Penggunaan material dengan tekstur yang kasar seperti kerikil, batu hias ataupun keramik dengan butir kasar sangat disarankan untuk menghindari hal tersebut.

Membuat kolam renang pribadi memang tidak serumit membuat kolam renang yang digunakan untuk kepentingan tertentu, Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan ketersediaan lahan serta budget yang dimiliki dan sudah bisa untuk mulai membangun sebuah kolam renang. Akan tetapi ada beberapa hal yang yang harus diperhatikan seperti membuat ukuran kolam renang yang memenuhi syarat untuk mendukung kenyamanan saat berenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *