Home » Uniknya Desain Atap Dapur Transparan

Uniknya Desain Atap Dapur Transparan

  • by
Atap Belakang Pada Dapur Dibuat Tembus Cahaya

Memilih desain atap dapur transparan kian digemari baru – baru ini. Selain menjadikan rumah terlihat modern, atap dapur yang dibuat transparan bisa menghemat lampu. Dengan atap dapur transparan, dapur juga bisa terasa lebih segar. Area semi indoor dalam rumah juga bisa menggunakan atap transparan. Misalnya ruang jemur baju atau gazebo serta sunroom. 

Pencahayaan Dapur Terang dan Bagus
Pencahayaan Dapur Terang dan Bagus
atap dapur transparan
atap dapur transparan

Bahan Untuk Membuat Atap Dapur Transparan

Ada berbagai macam jenis bahan yang bisa digunakan jika ingin membuat desain atap dapur transparan. Bahan solartuff merupakan bahan yang bisa digunakan untuk membuat atap dapur transparan. Solartuff memiliki kekuatan dan ketahanan cukup tinggi. Solartuff juga tahan terhadap sinar UV dan perubahan cuaca. Selain itu, solartuff biasanya tidak berpengaruh terhadap perubahan cuaca yang sering terjadi di Indonesia. Karakteristik dari solartuff adalah halus dengan permukaan yang rata. Dengan ketangguhannya, solartuff mampu meredam suara bising dari luar. Sehingga, saat hujan tiba suara bising tidak akan masuk ke dalam rumah. 

Atap Belakang Pada Dapur Dibuat Tembus Cahaya
Atap Belakang Pada Dapur Dibuat Tembus Cahaya

Bahan selanjutnya yang juga sering digunakan dalam desain atap dapur transparan adalah polikarbonat. Tingkat kejernihan polikarbonat tidak setara dengan solartuff. Jika solartuff sebening kaca, maka polikarbonat beberapa tingkat di bawahnya. Karena, polikarbonat merupakan bahan atap yang biasanya digunakan untuk meredam panas matahari. Untuk segi ketahanan, atap dengan bahan polikarbonat memiliki ketahanan yang cukup baik. Atap polikarbonat memiliki sifat tahan air dan juga rayap. Karena tidak terlalu transparan, maka polikarbonat mampu meredam panas dari matahari namun tetap membuat ruang menjadi terang. 

atap dapur sebagai ventilasi udara dan cahaya
atap dapur sebagai ventilasi udara dan cahaya

Material lainnya yang umum dipakai untuk desain atap dapur transparan adalah kaca. Namun, biasanya kaca digunakan pada bagian yang kecil saja. Alasannya, karena kaca memiliki berat yang cukup besar. Meskipun menggunakan rangka yang kuat, namun risiko kaca terjatuh cukup besar. Terutama jika digunakan pada area yang luas. Kaca biasanya dipadukan dengan berbagai macam rangka. Galvalum, baja ringan hingga kayu merupakan rangka yang bisa digunakan untuk menopang atap kaca. 

See also  Kanopi Rumah Minimalis Untuk Teras Rumah Agar Terlihat Cantik

Keunggulan Atap Dapur Transparan

Menggunakan atap dapur transparan memang memberi banyak kelebihan. Selain karena desain atap dapur transparan terlihat menarik, masih banyak lagi alasannya. Rumah dengan atap dapur transparan akan terlihat lebih futuristik. Atap dapur transparan bisa menciptakan suasana modern pada rumah. Kelebihan lainnya adalah membuat rumah menjadi ramah lingkungan. Atap dapur transparan mampu membawa cahaya matahari masuk. Sehingga, atap dapur transparan bisa menghemat lampu siang hari. 

ventilasi atap dapur pencahayaan
ventilasi atap dapur pencahayaan

Atap dapur transparan juga bisa mendukung kelangsungan hidup tumbuhan. Dengan menggunakan atap dapur, maka pemilik rumah bisa meletakkan tumbuhan di bagian dalam rumah. Beberapa desain atap dapur transparan bahkan dibuat di atas dapur dengan konsep alam. Pemilik rumah bisa menambahkan taman kecil hingga kolam ikan indoor tepat di bawah atap dapur transparan. 

See also  Fungsi Utama Pagar

Kelemahan Atap Dapur Transparan

selain memiliki banyak kelebihan, atap dapur transparan juga memiliki kekurangan. Rata- rata bahan yang digunakan untuk desain atap dapur transparan tidak anti-UV. Dengan begitu, risiko gangguan kesehatan bagi penghuni rumah cukup tinggi. Terlebih lagi saat musim kemarau, atap dapur transparan bisa membuat ruang menjadi sangat panas. Biasanya, orang menyiasati dengan membuat atap dapur yang dapat dibuka dan ditutup. 

Atap Dapur Terbuka Udara Masuk
Atap Dapur Terbuka Udara Masuk

Membuat rumah dengan desain atap dapur transparan juga cukup rawan tindak kejahatan. Dengan atap yang bening, maka pelaku kejahatan bisa mengintai rumah dengan mudah. Selain itu, orang di sekitar juga bisa dengan leluasa melihat aktivitas di dapur Anda. Terlebih jika tetangga Anda memiliki hunian tingkat, maka kemungkinan terlihat lebih besar lagi sehingga privasi kurang terjaga. 

See also  Desain Kamar Sempit yang Disulap jadi Luas dengan Cat Warna Terang

Cara Merawat Atap Dapur Transparan

Perawatan rumah dengan design atap dapur transparan cukup mudah. Seperti ketika merawat jendela rumah, maka atap dapur transparan juga perlu dibersihkan rutin dari debu. Atap dapur akan terlihat buram dan kusam jika tidak rutin dilakukan pembersihan. Selain itu, atap dapur transparan juga rawan terkena debu dan kerikil. 

Agar perawatan rumah dengan desain atap dapur transparan lebih mudah sebaiknya pilih bahan yang tepat. Lapisi bahan dengan pelapis khusus agar tidak mudah tergores. Selain itu, sebaiknya laminasi bahan yang terbuat dari kaca. Pelapis kaca akan mampu menahan serpihan kaca berhamburan. Jadi, saat terjadi musibah dan kaca pecah, maka tidak akan membahayakan penghuni rumah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *