Home » Warna yang Paling Cocok Untuk Desain Dapur

Warna yang Paling Cocok Untuk Desain Dapur

  • by
pilih-warna-favoritmu

Warna Apakah yang Paling Bagus Untuk Dapur? ~ Panduan memilih warna dapur. Dapur sebagai salah satu ruang penting di dalam rumah, bisa juga diwarnai dengan tema yang anda inginkan. Silahkan anda berkreasi dengan warna-warna yang anda suka. Jika anda ingin memberikan suasana yang segar pada dapur, anda boleh memberikan warna-warna yang cerah. Atau jika anda ingin menciptakan suasana yang elegan, anda bisa memberikan warna-warna pastel. Anda bisa berkreasi sesuai keinginan anda. Itu adalah dapur anda. Itu adalah rumah anda.

Dapur Minimalis

Sumber: https://www.instagram.com/ind285/

Tapi jika suatu saat nanti anda ingin menjual rumah tersebut maka anda perlu berpikir tentang warna yang lebih universal. Warna yang lebih disukai oleh banyak orang. Tentunya tidak semua orang satu selera dengan anda. Ketika mendapati bahwa warna dapur anda sangat mereka sesuai, tentu mereka bisa segera membeli rumah anda tanpa berlama-lama. Anda sendiri yang akan diuntungkan bukan?

Jadi warna-warna apa sajakah yang paling ideal untuk diterapkan di dapur? Mari kita lihat.

Hindari Warna Putih

Sebuah penelitian pernah dilakukan oleh seorang ahli desain yang bernama Zillow Digs. Dia menemukan bahwa warna putih merupakan warna yang tidak popular di kalangan pembeli cat.  Khususnya bagi mereka yang hendak mewarnai dapur. Bagaimana ini bisa terjadi? Bukankah warna putih adalah salah satu warna favorit? Bukankah para arsitek modern suka menggunakan warna putih untuk memperkuat kesan minimalis pada desainnya?

Setelah diselidiki ternyata warna putih pada dapur terlalu cepat berubah menjadi kotor dibandingkan warna lain. Tentu saja, dapur adalah area yang sibuk. Setiap harinya selalu ada kegiatan memasak, mencuci bahan makanan, dan itu semua adalah kegiatan yang akan menghasilkan kotoran yang tidak disengaja.  Warna putih terlalu cepat menjadi kotor. Orang-orang di daerah urban yang sibuk dengan pekerjaannya tidak akan sempat membersihkan dapurnya setiap saat. Tentu mereka lebih memilih jenis warna yang lebih mudah dalam perawatan.

Baca Juga: Dapur Idaman Mungil nan Cantik

COBA DENGAN WARNA KUNING

Warna kuning ternyata lebih banyak diminati daripada warna putih untuk urusan dapur. Dilaporkan bahwa dari 50.000 rumah yang telah terjual, dapur yang berwarna kuning dan turunannya terjual dengan harga paling tinggi. Yang masuk dalam keluarga warna kuning antara lain warna kuning itu sendiri, krem dan warna kuning muda atau pastel. Kemudian warna lain yang juga diminati adalah warna-warna yang alami seperti sage green dan abu-abu.

READ  Tips Agar Jangan Salah Membeli Model Kabinet Dapur

ANDA SUKA WARNA APA?

Sebenarnya warna dan urusan tema desain adalah selera masing-masing. Soal selera memang tidak bisa diperdebatkan. Setiap orang berhak menentukan pilihannya sendiri. Begitu juga dengan anda, boleh-boleh saja jika punya warna favorit yang berbeda dengan yang lain. Tapi dari informasi ini setidaknya anda bisa lebih bijak dalam menentukan warna dapur, paling tidak untuk kepentingan jangka panjang. Silahkan anda berkreasi dengan warna favorit anda, yang mungkin juga akan disukai oleh banyak orang.

Dapur Minimalis yang Nyaman dengan Warna Cat yang Sesuai

Dapur merupakan ruang untuk menciptakan makanan yang enak untuk disajikan setiap harinya. Meskipun berada di area dalam rumah namun dapur memerlukan desain yang nyaman untuk penghuninya. Hal ini untuk membuat nyaman saat menggunakan dapur tersebut.

Desain interior setiap dapur pasti berbeda-beda sesuai selera dan ketersediaan ruang. Dapur minimalis bisa menjadi pilihan bagi orang yang memang menginginkan dapur yang rapi simpel namun tetap nyaman. Membuat dapur minimalis bisa dengan memadukannya dengan warna cat dapur minimalis sesuai keinginan.

Dapur Minimalis Tepat untuk Rumah Masa Kini

Mengapa dapur minimalis semakin banyak peminat? Hal ini karena dengan konsep minimalis dapur tampak lebih rapi, sederhana, dan bisa memaksimalkan penggunaannya karena tidak butuh banyak ruang. Pemilik rumah bisa memberi kesan sederhana maupun elegan atau mewah dengan menggunakan warna cat dapur minimalis yang tepat.

READ  Dapur Kecil Minimalis Ukuran 2x2

Ternyata konsep dapur minimalis tidak semata-mata tentang desain dan pemilihan warna cat dapur minimalis saja. Dalam menggunakan alat masak bisa lebih efektif karena tidak ada banyak barang. Karena konsep minimalis maka hanya bisa menyimpan beberapa barang saja yang memang benar-benar menunjang kegiatan memasak.

Keuntungan Memiliki Dapur Minimalis

Ada banyak keuntungan jika memilih membuat dapur dengan konsep minimalis. Dari segi keuangan tentu tidak perlu banyak membeli peralatan dapur. Bisa membeli dua atau tiga model yang berbeda saja. Begitu pula untuk mendekor dengan warna cat dapur minimalis karena tidak banyak tempat untuk dicat.

Dari segi waktu bisa menghemat saat membersihkan dapur. Karena tidak perlu membersihkan banyak barang. Kegiatan bersih-bersih lantai, meja atau kursi juga tidak memerlukan waktu yang lama.

Dengan kemudahan tersebut dapat membuat pemilik rumah terutama yang sering memasak tidak mudah stres karena dapur senantiasa nampak rapi dan bersih.

Memilih Warna Cat untuk Dapur Minimalis

Untuk memilih warna cat dapur minimalis juga harus dengan memperhatikan komponen lain yang ada di dapur. Selain tema, pemilihan cabinet, meja, kursi, dan lainnya harus sesuai dengan warna cat yang akan digunakan.

  1. Warna cabinet atau lemari biasanya sangat dominan dibandingkan warna cat dapur minimalis pada dinding. Warna kayu dengan guratan alami bisa menjadi pilihan untuk menciptakan suasana alami dan sederhana.
  2. Warna backsplash yang mencegah cipratan air atau minyak mengenai dinding dapur tentunya menggunakan warnanya bisa menyesuaikan dengan cabinet. Hal ini agar suasana dapur menjadi serasi dan harmonis. Selain warna, backsplash lebih baik menggunakan bahan yang mudah saat membersihkannya.
  3. Warna meja bagian atas atau top table bisa dengan menyelaraskan dengan warna cabinet. Namun bisa juga dengan mengaplikasikan warna lain dengan tetap memperhatikan keselarasan perpaduan warnanya.
  4. Warna lantai dapur yang berlawanan dengan warna cabinet bisa diaplikasikan untuk warna cat dapur minimalis. Misalkan jika warna cabinet gelap bisa memilih warna terang untuk lantainya. 
  5. Warna dinding bisa dengan menggunakan warna netral untuk menjaga suasana di dapur. Warna gradasi antara dinding dan kabinet bisa menjadi alternatif pilihan.
  6. Warna langit-langit dapur yang netral seperti putih atau cream bisa membuat dapur terkesan lapang dan nyaman.
READ  Desain Dapur Minimalis Ukuran 2x3 yang Keren

Contoh Warna Cat untuk Dapur Minimalis

Berikut ini adalah beberapa contoh warna cat dapur minimalis agar dapur nyaman dan terlihat cantik.

  1. Putih

Warna putih pada dapur bisa memberikan kesan bersih dan rapi. Untuk menunjang keindahan dapur bisa menggunakan perabot dari kayu.

Dapur Minimalis Putih Bersih
Dapur Putih Terlihat Bersih
  1. Abu-abu

Warna abu-abu bisa memunculkan kesan elegan pada dapur minimalis. Perabot dengan warna silver bisa menjadi perpaduan yang cocok dengan warna abu-abu sehingga memunculkan kesan futuristik.

Dapur Futuristik Abu Abu
Dapur warna abu-abu keren
  1. Warna pastel

Semua warna pastel akan cocok untuk warna cat dapur minimalis. Warna ini bisa menunjukkan kesan sederhana dan membuat dapur lebih luas serta terang.

Dapur Warna Pastel Indah
Dapur Keren Warna Pastel

Bisa juga memadukan beberapa warna untuk warna cat dapur minimalis.

  1. Warna hitam dan putih

Kombinasi warna hitam untuk peralatan dapur dan putih untuk warna dinding bisa menciptakan kesan yang elegan. Warna cat dapur minimalis hitam putih harus mempertimbangkan sumber pencahayaan baik dari lampu maupun jendela untuk menciptakan suasana nyaman.

Dapur Istimewa Hitam dan Putih Kombinasi
Dapur Istimewa Hitam dan Putih Kombinasi
  1. Warna retro

Tema retro biasanya menggunakan beberapa warna yang mencolok. Tentu harus memilih warna cat dapur minimalis dan aksesoris lainnya yang tetap cocok satu sama lain. Misalnya warna hijau yang kontras untuk memunculkan kesan klasik dan warna shabby chic untuk kesan hangat.

Dapur Retro Keren
Dapur Retro Keren

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *